Perbesar Peta





Latar Belakang

Sistem Informasi Perencanaan Kawasan Pertanian yang selanjutnya disingkat SIKP adalah laman yang berisi informasi mengenai data tabular dan spasial kawasan pertanian. SIKP memuat data dan informasi yang dihimpun dari database pada aplikasi e-Proposal.

Pengembangan SIKP merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pertanian No. 41/Permentan/OT.140/3/2014 tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Pertanian Berbasis e-Planning. SIKP menampilkan data spasial serta data tabular kawasan pertanian yang dikelola dalam bentuk situs web (website). Data tabular disajikan dalam bentuk tabel statistik yang menampilkan hasil perbandingan antara data eksisting dengan data potensi.

SIKP memuat data dan informasi yang dihimpun dari basis data pada aplikasi e-proposal. Adapun e-proposal merupakan sistem informasi perencanaan tahunan berbasis web yang ditujukan untuk memfasilitasi pengusulan program, kegiatan, dan anggaran APBN Kementerian Pertanian dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pertanian di provinsi/kabupaten/kota dan Satuan Kerja di lingkup Kemnterian Pertanian di Pusat dan Daerah.

Desain SIKP disusun sedemikian rupa sehingga berjalan secara interaktif dengan aplikasi e-Proposal. SIKP dan e-Proposal merupakan bagian dari e-Planning. SIKP merupakan data yang bersifat dinamis dan selalu diperbarui mengacu kepada data base yang ada di e-Proposal yang di-update setiap tahunnya. Data base yang ada pada e-Proposal akan ditransfer ke dalam SIKP dan selanjutnya data tabular dan spasial yang ada pada SIKP dijadikan bahan untuk dianalisis dan disusun rencana yang akan diusulkan pada e-Proposal.

Tujuan SIKP

  1. menyajikan data potensi sumber daya lahan kawasan pertanian
  2. menampilkan data spasial dan tabular yang dibutuhkan untuk pengembangan kawasan pertanian
  3. menyajikan data eksisting dan potensial dalam pengembangan kawasan pertanian di suatu daerah
  4. menganalisis kebutuhan prasarana dan sarana pendukung pengembangan kawasan pertanian secara berjenjang dari tingkat kecamatan hingga nasional
  5. memantau perkembangan pelaksanaan kegiatan dan mengevaluasi dampak kegiatan pengembangan kawasan pertanian yang telah dilaksanakan

Penutup

SIKP ini diharapkan dapat membantu pengambil kebijakan dalam menyusun rencana kegiatan, menentukan rekomendasi teknologi, operasionalisasi kegiatan serta memudahkan dalam pemantauan dan evaluasi pembangunan pertanian di wilayah.

SIKP juga merupakan media komunikasi dan sistem informasi kawasan pertanian, yang dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan kwalitas perencanaan pertanian. Saat ini SIKP sudah terkoneksi demgan Geoportal Nasional: www.tanahair.indonesia.go.id dan dapat diakses melalui http://www.pertanian.go.id/sikp.