Lepas Ekspor Edamame Jember ke Jepang, Mentan Permudah Aturan

Update Tanggal : 24 May 2018 , Biro Humas dan Informasi Publik

news

Jember, 24 Mei 2018 - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor produk unggulan edamame ke pasar Jepang sebesar 23.000 kg pada Kamis (24/05). Total 9 ribu ton edamame asal Jember ditargetkan akan hadir di pasar-pasar mancanegara tahun ini.

"Kita ekspor ke 12 negara. Jepang, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, serta beberapa negara di Eropa, Timur Tengah dan seterusnya," kata Amran saat singgah di PT. Mitratani Dua Tujuh Jember, di sela-sela rangkaian kunjungan penerapan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di Jawa Timur.

Menteri Pertanian memang sedang gencar mendorong ekspor produk-produk pertanian untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Ini yang harus kita dorong. Pesan Pak Presiden, yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi ada dua. Yang pertama ekspor, yang ke dua investasi," ujar Amran.

Untuk mendorong ekspor, Kementerian Pertanian sudah melakukan sejumlah langkah deregulasi. Tahun 2018 saja sudah ada 50 Peraturan dan Keputusan Menteri Pertanian yang dihapus.
 
"Jika ada yang ingin ekspor, kita permudah. Kita jemput bola, jika perlu antarkan surat-surat yang dibutuhkan untuk ekspor," tegas Amran.

Trend ekspor produk pertanian memang sedang naik di empat tahun pemerintahan Jokowi-JK. Beberapa produk yang sedang digencarkan antara lain adalah jagung dan ayam olahan. Di tahun 2017 saja, nlai ekspor di sektor pertanian mencapai Rp 440 triliun. Meningkat 24% dari tahun sebelumnya.

Berita Lainnya

+ ARSIP BERITA

BEM se-Indonesia Bangga Dengan Kinerja Kementan
30/05/2018
news

Jakarta, 30 Mei 2018 – Menteri Pertanian  (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengadakan pertemuan dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian seluruh Indonesia….

Perlancar Distribusi, 6 Kapal Khusus Ternak Mulai Beroperasi Tahun ini
30/05/2018
news

Jakarta (30/05/2018), Untuk memperlancar distribusi ternak dari daerah produsen ke daerah konsumen, saat ini enam (6) kapal khusus ternak siap beroperasi melayani pengangkutan ternak.….

Bedah Kemiskinan dan Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan

Mentan Luncurkan Program BEKERJA di Jawa Timur

Tidak Ingin Petani Miskin, Mentan BEKERJA

Optimalisasi Alsintan Solusi Permanen Tingkatkan Pendapatan Pra Sejahtera

Andi Amran Sulaiman "Bangga dengan 5 Pejabat Kementan yang Berani Tolak Suap"

Padu Satu Kementerian Pertanian Percepat Proses Izin Usaha

Keroyok Distribusi Cabai dan Bawang, 5 Pelaku Usaha Bermitra Petani